Steam ID : littlehox

Sabtu, 02 Mei 2015

Program Sederhana COBOL : BIODATA

Codingan :
 

 Logika :


  • Dalam IDENTIFICATION  DIVISION, kita diharuskan mengisi nama Program (PROGRAM-ID) dan pembuat program (AUTHOR).
  • Dalam DATA DIVISION,berisi tentang variabel” yang akan digunakan dalam program. Variabel NAMA merupakan variabel karakter(alphabet) yang dapat memuat 20 karakter. Variabel NPM merupakan variabel numeric yang memuat 8 angka.Variabel KELAS merupakan variabel yg dapat menampung karakter dan numeric sebanyak 5 karakter. Variabel TAHUN merupakan variabel angka yg menampung 4 angka. Dan Variabel HITUNG adalah variabel numerik yang hanya memuat 2 angka.
  • PROCEDURE DIVISION berisi tentang statement untuk menjalankan program. Pertama,program dimulai dengan statement Mulai. Program akan meminta menginput Nama dan ketika di enter(input),akan masuk ke dalam Variabel NAMA. Lalu akan melanjutkan hal yang sama. Meminta menginput KELAS,NPM,dan tahun lahir. Dan akan disimpan juga dalam variabel NPM,KELAS,dan TAHUN
  • Pada Statement COMPUTE,akan dilakukan perhitungan tentang berapa umur anda sekarang. Menggunakan variabel TAHUN. Dan hasil perhitungan tersebut dimasukkan kedalam variabel HITUNG.
  • Setelah semua data telah dimasukkan dan perhitungan telah dihitung, maka akan keluar output(hasil) yang berupa Nama,Kelas,NPM,Umur sesuai dengan data yang telah diinput oleh pengguna program.
  • Selesai dan STOPRUN menandakan bahwa program selesai berjalan.
  Output :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar