Steam ID : littlehox

Kamis, 02 Januari 2014

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat || Perkembangan Sosial di Masyarakat



11.Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat


Menurut Wikipedia, Pelapisan Sosial adalahadalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertical (bertingkat). Menurut salah satu ahli Sosiologi, Pitirim A. Sorokin adalah perbedaan penduduk / masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat (hirarkis) yang ditulis dalam bukunya “Social Stratification”


Pelapisan Sosial diukur melalui :1. Kekayaan, 2.Kekuasaan/Wewenang, 3. Kehormatan. 4. Ilmu Pengetahuan.


Pelapisan social ini sangat berpengaruh di masyarakat. Terutama di lingkungan sehari-hari. Kita bisa jumpai salah satunya di Universitas. Dosen memiliki Lapisan social lebih tinggi dibandingkan mahasiswa.


Sebagai warga negara Indonesia, tidak dipungkiri adanaya kesamaan derajat antar rakyaknya, hal itu sudah tercantum jelas dalam UUD 1945 dalam pasal :

  • Pasal 27 
  1. Ayat 1, berisi mengenai kewajiban dasar dan hak asasi yang dimiliki warga negara yaitu menjunjung tinggi hukum dan pemenrintahan
  2.  Ayat 2, berisi mengenai hak setiap warga negara atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan


  • Pasal 28 ditetapkan bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul, menyampaikan pikiran lisan dan tulisan.
  • Pasal 29 ayat 2 kebebasan memeluk agama bagi penduduk yang dijamin oleh negara


2.Perkembangan Sosial di Masyarakat.


Perkembangan yang terjadi pada Masyarakat sungguh sangat pesat dan terlihat jelas. Contohnya adanya Globalisasi,Urbanisasi,Perubahan keagamaan, dan Pertumbuhan ilmu pengetahuan. Globalisasi dalam masyarakat sekarang contohnya seperti masuknya budaya-budaya asing ke Masyarakat. Seperti individualis,cara berpakaian,cara berbicara,dll


Urbanisasi adalah Perpindahan penduduk dari desa ke kota. Makin banyak masyarakat desa pindah ke kota untuk memperoleh hidup yang lebih baik dan mencari nafkah. Tapi nyatanya,hanya membuat kota-kota besar seperti Jakarta menjadi penuh. Dan membuat daerah-daerah kumuh.


Perubahan keagamaan sekarang marak terjadi. Keyakinan cepat berubah-ubah layaknya mengganti baju. Biasanya banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Dan yang terakhir Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan. Masyarakat menjadi lebih cerdas dan lebih pintar karena memperoleh informasi dan ilmu dari instansi pendidikan dan juga media cetak/televisi.


Daftar Pustaka:
 http://cahyamenethil.wordpress.com/2010/11/23/pelapisan-sosial-dan-kesamaan-derajat/
http://raullycious.wordpress.com/2011/11/22/pengertian-pelapisan-sosial-dan-aspek-aspek-positif-dan-negatif-dari-sistem-pelapisan-sosial/
http://id.wikipedia.org/wiki/Stratifikasi_sosial

NAMA : JESSY IMANUEL
KELAS : 1KA34
NPM :14113638

Tidak ada komentar:

Posting Komentar